Selasa, 12 Maret 2013

Tips Memilih Nama Domain Yang Mudah Dikenal


Tips Memilih Nama Domain Yang Mudah Dikenal - Walaupun ini bukan yang utama, memilih nama domain juga perlu pertimbangan. Sebab terkadang nama domain bisa juga mempengaruhi pengunjung. Domain yang unik serta mudah diingat, itu dicari banyak orang dan bisa dijual dengan harga yang sangat mahal. Dan sebaliknya, nama domain  yang tidak menarik akan dihargai murah, bahkan tidak laku dijual. Jika Kamu berfikir nama domain situs adalah investasi, maka layak untuk mempertimbangkan sebuah nama domain yang paling bagus.

Berikut tips dan pertimbangan memilih nama domain yang terbaik:

  • Pendek

Usahakanlah untuk memilih nama domain cukup pendek saja, atau tidak lebih dari 2 kata. Bahkan kalau bisa cukup hanya 1 kata saja, itu justru lebih baik. Menurut beberapa Pakar Blog, nama domain dengan hanya 1 kata itu memiliki nilai jual yang lebih tinggi dari yang dua kata apalagi yang 3 kata atau lebih. Semakin pendek nama domain, maka akan semakin mudah untuk diingat.
  • Mudah dieja atau dibaca

Walaupun hanya terdiri dari 1 kata saja, sebaiknya pilih nama domain yang mudah dieja. Kalau blog ternyata berbahasa indonesia, alangkah baiknya juga jika memilih nama domain yang berarti kata dalam bahasa Indonesia. Jika orang kurang fasih berbahasa inggris, akan sulit mengingat kata dengan ejaan yang benar. Alasannya agar mudah diingat.
Bukankah nama domain itu sebenarnya bisa lebih spesifik lagi, misalnya co.id untuk situs indonesia, dot net untuk situs forum atau dot org untuk situs organisasi. Kanapa harus dot com karena Ekstensi dot com lebih banyak dikenal orang daripada ekstensi yang lain. Bagi orang awam pada umumnya, lebih mengenal ekstensi dot com daripada yang lainnya. Alasannya adala nama dot com lebih familier untuk banyak orang.
Perlu diketahui: Untuk mendaftar kan Nama domain ekstensi co.id, pemohon harus menunjukkan surat identitas penanggung jawab dan SIUP. Itulah kenapa situs dengan ekstensi co.id lebih tinggi memiliki tingkat kepercayaan. Jadi  ekstensi co.id lebih disarankan untuk situs perusahaan atau situs yang berhubungan dengan transaksi/keuangan.
  • Tidak menggunakan angka dan tanda sambung (-)

Orang pada keseluruan lebih akrab dengan nama domain yang tanpa menggunakan tanda hubung apalagi menggunakan angka.
  • Deskriptif

Artinya nama domain sudah menunjukkan seperti apa kontent dari blog Anda. Arti kata lain dari nama domain deskriptif adalah mengandung kata kunci. Ini pilihan terbaik, khususnya untuk nice blog/bertarget pengunjung bisa spesifik. Hal ini akan lebih menarik seseorang untuk mengklik, terutama dari search engine. Secara psikologis, dengan membaca nama domainnya saja orang merasa sudah menemukan apa yang dia cari.
  • Mengandung nama dagang atau merk

Kalau yang ini biasanya blog untuk perusahaan atau orang-orang terkenal. Jadi kalau Anda membuat blog untuk promosi usaha, bisa memilih nama domain yang sama dengan nama perusahaan Anda. Atau Anda adalah seorang selebritis, nama Anda bisa menjadi nama domain yang paling keren dan kemungkinan besar banyak dicari orang. Bukan hanya itu saja, menggunakan nama domain berdasarkan merk bisa menjadi pilihan.
Semoga informasi mengenai tips cara memilih nama domain yang mudah dikenal, dari referansi spiderbeat, bisa jadi petunjuk sebelum menentukan nama domain yang pas untuk website Anda.

sumber: http://tip.web.id

0 komentar:

Posting Komentar