Selasa, 19 Februari 2013

Pengertian DNS Server

Dalam komputasi, server nama server komputer yang host layanan jaringan untuk memberikan respon untuk permintaan terhadap layanan direktori. Ini peta pengenal manusia dikenali ke sistem internal, identifikasi numerik sering, atau komponen menangani. Layanan ini dilakukan oleh server sesuai dengan protokol layanan jaringan.

 

Contoh nama server adalah Domain Name System (DNS), salah satu dari dua ruang nama utama Internet. Fungsi yang paling penting dari server DNS adalah terjemahan (resolusi) dari manusia-kenangan nama domain dan nama host ke yang sesuai numerik Internet Protocol (IP) alamat, Internet kedua ruang nama utama yang digunakan untuk mengidentifikasi dan menemukan sistem komputer dan sumber daya di Internet.


Internet mempertahankan dua ruang nama utama: hirarki nama domain [2] sistem alamat dan Internet Protocol (IP) [3] Sistem Nama Domain mempertahankan namespace domain dan menyediakan layanan terjemahan antara kedua ruang nama.. Internet server nama menerapkan Sistem Nama Domain. [4] Sebuah server nama DNS adalah server yang menyimpan catatan DNS, seperti alamat (A, aaaa) catatan, nama server (NS) catatan, dan mail exchanger (MX) record untuk nama domain (lihat juga Daftar jenis catatan DNS) dan merespon dengan jawaban atas query terhadap database-nya.

Hirarki atas Sistem Domain Internet Nama dilayani oleh root server nama dipelihara oleh delegasi oleh Internet untuk Corporation Ditugaskan Nama dan Nomor (ICANN).

Terkadang, kecepatan browsing internet dapat ditingkatkan dengan mengganti standar Domain Name Server ISP dengan Domain Name Server gratis publik.


Sedangkan pendapat lain mengatakan Domain Name System (DNS) adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address. DNS dapat disamakan fungsinya dengan buku telepon. Dimana setiap komputer di jaringan Internet memiliki host name (nama komputer) dan Internet Protocol (IP) address. Secara umum, setiap client yang akan mengkoneksikan komputer yang satu ke komputer yang lain, akan menggunakan host name. Lalu komputer anda akan menghubungi DNS server untuk mencek host name yang anda minta tersebut berapa IP address-nya. IP address ini yang digunakan untuk mengkoneksikan komputer anda dengan komputer lainnya. 

Semoga bisa membantu :D 

0 komentar:

Posting Komentar